Senin, 15 Desember 2008

Upacara Adat Penyambutan Wisudawan “Sunda”

Kategori: Suatu Hari | Diterbitkan pada: 26-10-2007 |

wisuda-kania-pujasari

Kania Pujasari (sisi kiri) dan tiga wisudawati Jurusan Pensatrada UPI Bandung

Wisuda gelombang II Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung telah berlangsung dengan mulus dan lepas. Ada keunikan dalam penyambutan wisudawan-wisudawati yang digelar oleh para mahasiswa UPI Bandung. Mungkin sebagai penghormatan atau penghargaan kepada kawan mahasiswa yang telah lebih dulu berhasil menuntaskan masa kuliahnya.

Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (Pensatrada), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS). Sekilas nampak seperti suasana di bandara. Ketika para wisudawan-wisudawati keluar dari Gedung Gymnasium, maka penyambutan dilakukan secara meriah. Para wisudawan-wisudawati diarak dengan berbagai kamonesan atau keunikan yang sangat kreatif. Terutama mahasiswa Pensatrada, sepanjang perjalanan menuju gedung FPBS tak henti diiringi alunan karawitan Sunda.

setibanya di depan gedung FPBS, langsung digelar upacara adat Sunda yang dikemas secara serius, diakhiri penyematan kalung bunga oleh Ketua Jurusan Pensatrada, Drs. Dingding Haerudin, M.Pd., kepada perwakilan wisudawan-wisudawati Pensatrada. Menurut Yanuar, ketua HIMA Pensatrada, acara seperti itu digelar secara rutin saban tahun. Sebelumnya, pada Malam rabu, digelar pula acara “Peuting Panineungan”, yang dimeriahkan oleh pergelaran kesenian bajidoran dari Subang. Pada tahun ini, nilai terbaik Jurusan Pensatrada diraih oleh Kania Pujasari, S.Pd., dengan jumlah IP 3,55.

Selamat buat Kania. Semoga ilmu yang telah dituntut di Pensatrada UPI Bandung, dapat diamalkan dengan ikhlas, sabar, dan selalu bersemangat.

Tidak ada komentar: